Ekskul SMP Labschool Jakarta


Ekskul SMP Labschool Jakarta
SMP Labschool Jakarta memiliki 32 cabang ekskul, dan tari Ratoh Jaroe dari Aceh merupakan salah satunya. Sekilas semua orang pasti menyangka bahwa tari Ratoh Jaroe adalah tari Saman. Karena tari Ratoh Jaroe sangat mirip dengan tari Saman, karena kedua tari tersebut sama-sama merupakan gerakan dengan menggunakan tangan. Namun, jika diperhatikan dengan baik-baik, kita pasti akan melihat perbedaan gerakan tangan yang ditampilkan pada tari Ratoh Jaroe. Jika pada tari saman gerakan lebih kepada menonjolkan gerakan badan sementara untuk tari ratoh jaroe lebih dominan gerakan-gerakan tangan serta gabungan dari gerakan badan.


Ratoh Jaroe SMP Labschool Jakarta sudah seringkali mengikuti perlombaan dan membawa pulang sebuah penghargaan, karena itu kita bisa mengharumkan nama SMP Labschool Jakarta. Kemampuan anggota eksul ini sudah tidak perlu diragukan, karena sudah mencapai luar negeri, yaitu Thailand. Dengan begitu kita bisa memperkenalkan budaya-budaya asli Indonesia di mata dunia, agar kita tidak lagi dipandang sebelah mata.

Belum lama ini, Indonesia menjadi tempat diselenggarakannya Asian Games ke-18, dan saat Opening Ceremony Asian Games tari Ratoh Jaroe menjadi slaah satu bagian yang tampil saat itu.

Di SMP Labschool Jakarta, ekskul ini diadakan setiap hari jumat pukul 13.00.

Selain ekskul Ratoeh Jaroe, saya juga mengikuti ekskul Pramuka. Pramuka adalah sebuah ekskul yang wajib diikuti seluruh siswa. Gudep SMP Labschool Jakarta adalah 03.359-03.360. 

Pramuka memiliki beberapa golongan dan tingkatan tertentu yaitu, Siaga adalah sebutan bagi anggota pramuka yang memiliki rentang usia 7-10 tahun dan tingkatannya ada Siaga Mula, Siaga Bantu, dan Siaga Tata, Penggalang adalah sebutan bagi anggota pramuka yang rentang usia 11-15 tahun dan tingakatannya ada Penggalang Ramu, Penggalang Rakit, Penggalang Terap, dan Penggalang Garuda, Penegak adalah sebutan anggota pramuka yang memiliki rentang usia antara 16 sampai 20 tahun dan tingkatannya ada Penegak Bantara dan Penegak Laksana, dan golongan terakhir adalah Pandega adalah sebutan anggota pramuka memiliki rentang usia antara 21 sampai 25 tahun.

Pramuka SMP Labschool Jakarta memiliki organisasi pramuka yang disebut DP (Dewan Pramuka).
SMP Labschool Jakarta mengadakan ekskul Pramuka setiap hari Rabu, untuk kelas 7 saat siang hari dan kelas 8 pagi hari, untuk kelas 9 tidak diselenggarakan ekskul tersebut.


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer