Wisata Edukasi Puspitek dan TMII


Kamis 19 Oktober 2017, Anak-anak kelas 7 SMP Labschool Jakarta mengikuti kegiatan wisata edukasi ke Puspitek dan TMI. Beberapa hari sebelumnya, kami dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengerjakan tugas merekam kegiatan tersebut, yang akan dilombakan bersama kelas lain. Saya Tika mendapat kelompok bersama Abijan, Daffa, Thariq, Aiko, Raissa, dan Nakesya.
Pagi sekitar jam 06.00 saya berangkat dari rumah agar datang ke sekolah lebih pagi, ternyata sudah banyak murid yang berkumpul di koridor kelas. Kami mulai merekam saat kegiatan Apel yang juga diikuti oleh kakak kelas 9. Selang 20 menit Apel pun selesai, kami berjalan menuju bis masing-masing, bis dibagi secara perkelas. Diperjalan walau saling sibuk merekam video kelompok tapi kami tetap bermain, bercanda, dan mendengarkan lagu bersama.
Tak berlama-lami kami pun tiba di Purpitek,Serpong,Jawa Barat. Kami turun dari bis dan berkumpul di Auditorium Purpitek untuk mendengarkan sambutan dari pimpinan sekolah dan pimpinan Puspitek. Tak hanya mendengar sambutan, kami juga menonton video tentang apa itu Puspitek?, apa fungsinya?, dan berbagai hal tentang Puspitek. Selesai mendengar, menonton, dan segala hal di auditorium, kami bergegas menuju is masing-masing dan pergi ke lab. Perjalanan hanya 5 menit dari auditorium ke lab, setiap kelas mendapat tempat yang berbeda-beda. Sampai di lab, kami semua memakai jas lab yang sudah disiapkan dari rumah.
Didalam lab kami diminta untuk membuat kelompok seanak 8-9 orang, saya sudah lupa siapa saja kelompok saya. Kelompok saya mendapat bagian lab laser, oiya saat sampai di Puspitek kitadiberi LKS yang akan diisi. Didalam lab laser terdapat banyak sekali alat-alat yang keren tapi sayang kita tidak boleh menyentuhnya, eh gatau deng udah lupa juga. Kita dapat penjelasan tentang kegunaan laser dalam kehidupan sehari-hari dan banyak lainnya, kita juga mengerjakan LKS didalam. Setelah itu kita foto kelas lalu melanjutkan perjalanan ke TMII.
Didalam bis, kita diberi makan siang KFC, lalu lanjut perjalanan ke TMII. Perjalanan yang cukup lama membuat kita bosan, akhirnya kita mendengarkan lagu, lagu yang disetel pun aneh-aneh, seperti lagu Keong Racun, dan diiringi beatbox daari Abijan. Nyanyi dan joget bareng bikin kangen. Setelah menempuh perjalanan yang cukup lama kami akhirnya tiba di TMII.
Setibanya di TMII, kami mengganti baju dari batik menjadi baju angkatan dan melaksanakan shalat dzuhur bagi yang muslim. Kemudian kami pun kembali ke bis untuk menuju ke Skyworld, sesampainya disana, kami diminta masuk ke dalam auditorium untuk menyaksikan video tentang alam semesta dan luar angkasa. Video itu dimulai dengan bintang di luar angkasa, lalu planet-planet di tata surya, satelit-satelit dan banyak lagi. Karena durasi video tersebut cukup lama, saya sendiri cukup bosan menontonnya.
Masih di Skyworld kami memasuki sebuah tempat entah apa namanya, intinya tempat itu berisikan tentang hal-hal yang berbau luar angkasa, mulai dari astronot-astronot, alat-alat canggih yang berhubungan dengan luar angkasa, dan banyak lagi. Tapi sayang, tempat nya sangat panas hingga murid-murid melipat baju mereka. Didalam juga kami diperbolehkan untuk berfoto-foto. Tak lupa kami masih mengerjakan LKS yang tadi. Didalam tempat itu ada sebuah wahana 4D atau 5D dan kami mengantri untuk memainkan wahana tersebut. Kami mengantri sangat amat lama, tapi kami diberi pizza untuk mengisi perut walaupun saya sendiri tidak memakannya saya malah membeli mie cup.
Cuaca saat itu hujan deras, sehingga banyak murid yang keluar untuk mendinginkan diri gar tidak kepanasan. Dengan waktu yang sangat lama, akhirnya aku bisa memainkan wahana itu, tema dari wahana itu adalah roller coaster. Kami diberi kacamata 4D atau 5D, lalu mengenakan sit belt agar tidak terjatuh saat permainan itu berlangsung. Permainan ini berlangsung selama 15-20 menit mungkin, saya sama sekali tidak tahu berapa lama permainan tersebut berlangsung. Wahana itu salah satu bagian yang mengasyikkan selama wisata edukasi menurut saya.
Setelah semua murid dapat memainkan wahana itu, kami diarahkan untuk menuju ke Planetarium, sebelumnya saya sudah pernah kesana namun itu sudah beberapa tahun yang lalu. Di Planetarium kita diminta untuk duduk dibangku yang sudah disiapkan. Walaupun agak berisik tapi saya bisa menikmatinya. Kita diperlihatkan  keadaan matahari saat itu, kita mendengar penjelasan tentang rasi-rasi bintang, ternyata rasi bintang itu ada sangat banyak sekali, selama ini yang saya tau hanya 12, yaitu zodiak di setiap bulan.
Tak lama kemudian, kita kembali ke bis menuju ke masjid untuk melaksanakan shalat ashar bgi yang muslim dengan keadaan masih hujan. Sesampainya di masjid, air di tempat wudhu  masjid tersebut sedang bermasalah jadi kita terpaksa berwudhu diluar yang keadaanya masih hujan deras. Seusai ashar kita tak langsung kembali ke bis, kita menunggu sampai waktu magrib datang untuk sekalian melaksanakannya agar murid yang rumah nya jauh tidak tertinggal shalat magrib yang waktu nya sedikit.
Shalat magrib pun selesai, dan kita kembali ke bis dengan hujan-hujanan. Banyak murid yang pakaian nya basah, sepatunya juga basah. Dengan susah payah kami memasuki bis masing-masing. Didalam bis, udara sangat dingin dengan adanya hujan udara tersa semakin dingin semua megenakan jaket untuk menanganinya. Tapi walau begitu, kami tak merasa lelah di bis kami masih bercanda, tertawa, dan bersama.
Beberapa jam kemudian kami sampai di sekolah tercinta, sebagian dari kami sudah dijemput tapi ada juga yang belum. Akhirnya kami pulang ke rumah masing-masing dengan selamat sentosa.
Sebenarnya ini gak tahu dimasukin atau gak tapi gak papa lahya.
Keesokan harinya, kami datang ke sekolah untuk mengedit video hasil merekam selama wisata edukasi. Walaupun gak bener-bener buat ngedit sih, ada yang main-main doing. Tapi kita boleh plang jam 10, jadi bisa istirahat di rumah, gak ada ekskul lagi. 

Komentar

  1. Carilah di internet dengan google, informasi tentang cara membuat blog di blogspot dan bagaimana mengelola blog dengan baik.
    Copy and paste informasi tersebut ke word dan kirimkan ke email wijayalabs@gmail.com dengan subyek tugas ke-10, lalu posting juga artikel tsb di blog kamu. Kirimkan juga alamat link blog kamu ke email omjay, tks

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer